Koordinator PPG IKIP Siliwangi diundang menjadi Tim Pakar dalam kegiatan  Penjaminan Mutu PPG

Tanggal 24-27 April 2024, Dirjen GTK-Kemdikbudristek

Koordinator PPG IKIP Siliwangi, Dr. Asep Samsudin, M.Pd. diundang menjadi salah satu Tim Pakar dalam kegiatan Penjaminan Mutu PPG yang dilaksanakan pada tanggal 04-07 April 2024  di Travello Hotel, Bandung. Salah satu kebanggaan yang juga diharapkan mampu membawa nama baik IKIP Siliwangi sebagai penyelenggara kegiatan PPG baik Dalam  Jabatan dan Prajabatan.


Pengumuman Pembukaan PPG Prajabatan Tahun 2024

Tanggal 4 April 2024, Dirjen GTK-Kemdikbudristek

PENGUMUMAN Nomor : 1643/B/GT.00.05/2024

Dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi pada jenjang sekolah dasar dan menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali mengundang Putra/Putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024. Untuk informasi selengkapnya dapat diunduh dengan klik tautan ini.


Diseminasi Hasil Rapat Bersama Dirjen GTK PPG Prajabatan IKIP Siliwangi dan Buka Bersama

Tanggal 26 Maret 2024, IKIP Siliwangi melaksanakan Diseminasi Hasil Rapat Bersama Dirjen GTK PPG Prajabatan IKIP Siliwangi dan Buka Bersama


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Rektor IKIP Siliwangi berharap, adanya PPG Prajabatan dapat menjadi momentum emas bagi para calon guru untuk tidak hanya mendapat informasi secara personal tapi juga dapat selalu menyimak informasi terbaru terkait perkembangan dan peluang karir guru di masa ini. Kegiatan ini juga diisi oleh pemaparan hasil rapat yang diikuti langsung oleh perwakilan mahasiswa PPG Prajabatan bersama Dirjen PPG secara langsung di Jakarta. IKIP Siliwangi menjadi LPTK Pertama yang menyelenggarakan Diseminasi Hasil Rapat sekaligus ditutup dengan kebersamaan dengan berbuka puasa bersama.

Orientasi Mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2024 IKIP Siliwangi

Tanggal 17-19 Januari 2024, IKIP Siliwangi melaksanakan orientasi mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2024. 



Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Pada kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, diisi dengan berbagai materi diantaranya 1) Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi oleh Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. 2) Pendidikan Abad 21 (4C'Skills) oleh Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. 3) Pembelajaran Berdiferensiasi oleh Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd. 4) Strategi dan Publikasi Ilmiah oleh Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. 5) Jenjang Karir dalam Profesi Guru di Kota CImahi oleh Juli Suprijadi, S.Pd., M.M. 6) Kebutuhan Guru dan Sekolah untuk lokasi PPL Mahasiswa PPG. 7) Pengenalan Kampus IKIP Siliwangi oleh Dr. M. Afrilianto, M.Pd. 8) Literasi Numerasi oleh Dr. Asem Samsudin, M.Pd. dan Pemaparan Teknis Pelaksanaan PPG Prajabatan oleh masing-masing koordinator Program Studi. Dalam acara ini dihadiri sebanyak 127 dari 3 Bidang Studi yaitu, Pendidikan Guru Kelas SD, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Matematika.

SIMPOSIUM Hasil Penjaminan Mutu Program Pendidikan Profesi Guru 2023

Koordinator PPG IKIP Siliwangi, Dr. Asep Samsudin, M.Pd. , menghadiri acara simposium hasil penjaminan Mutu Program Pendidikan Profesi Guru Tahun 2023 di Jakarta.

Orientasi Mahasiswa PPG Prajabatan
Gelombang 2 Tahun 2023

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 IKIP Siliwangi, pada hari ini Selasa 5 Desember 2023 Sejumlah 50 Mahasiswa, dengan rinciannya PGSD 27 Mahasiswa dan Matematika 23 Mahasiswa melaksanakan agenda pertamanya yaitu Orientasi Mahasiswa. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Dalam sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, melalui Program Profesi Guru, Kualitas Pendidikan di Negeri ini dapat ditingkatkan. Juga diharapkan agar PPG menjadi sarana untuk meningkatkan kompetinsi Mahasiswa PPG agar bisa menjadi Pengajar yang unggul di era digital ini.

lv_0_20231125142111.mp4

Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 IKIP Siliwangi, bersinergi untuk cita-cita pembangunan pendidikan Indonesia. Dari IKIP Siliwangi, untuk Pendidikan Negeri. Ingat Guru-Ingat IKIP Siliwangi.